BahasaChina.com Tempat Belajar Bahasa China

BahasaChina.com Tempat Belajar Bahasa China

BahasaChina.com Tempat Belajar Bahasa China, Belajar Bahasa Mandarin dengan Mudah Tanpa Belajar atau Bantuan Seorang Guru. Otodidak Belajar Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa dengan jumlah pemakai terbesar di dunia. Mengapa belajar Bahasa Mandarin sudah menjadi keharusan untuk anak-anak kita? Hingga tahun 2010, pemakai Bahasa Mandarin sudah mencapai 960 juta jiwa yang tersebar di banyak wilayah di dunia. Banyaknya pemakai Bahasa Mandarin yang bahkan melebihi Bahasa Inggris membuat pamor Bahasa Mandarin semakin tinggi.

BahasaChina.com Tempat Belajar Bahasa ChinaBahasa Mandarin adalah bahasa yang cukup rumit untuk dipelajari, terutama untuk penutur asli bahasa Inggris. Namun, dengan komitmen dan latihan setiap hari, hal ini mungkin dilakukan. Berlatihlah sendiri dengan buku Anda, atau dengan teman yang menguasai bahasa Mandarin atau mendaftar ke kursus Mandarin daring. Teruskan membaca untuk ringkasan singkat tentang hal terpenting yang perlu Anda ketahui tentang belajar bahasa Mandarin.

BahasaChina.com Tempat Belajar Bahasa China

Seiring dengan kemajuan Tiongkok dalam bidang ekonomi hingga dijuluki sebagai Macan Asia, Bahasa Mandarin semakin diminati oleh banyak orang. Dengan mempelajari Bahasa Mandarin semua orang dapat dengan mudah menjalin relasi bisnis dan pendidikan dengan Tiongkok. Dampak dari keadaan ini, tempat les Bahasa Mandarin mulai banyak bermunculan hingga menjamur di banyak kota besar di Indonesia dan dunia. Sebelum Anda belajar Bahasa Mandarin dengan otodidak atau pun dengan kursus Bahasa Mandarin, ada baiknya Anda mempelajari hal-hal dasar tentang Bahasa Mandarin yang meliputi pengucapan pada Bahasa Mandarin, mengenal apa itu pinyin, tahu percakapan sehari-hari yang sederhana, mengetahui cara berhitung yang benar, dan yang terakhir menghafal kata-kata dasar yang kerap dipakai.

  1. Pengucapan Bahasa Mandarin

    Bahasa Mandarin merupakan bahasa tonal yang memiliki banyak sekali pengucapan pada kata-katanya. Kesalahan pengucapan kata atau frasa dalam Bahasa Mandarin akan mengubah makna secara menyeluruh. Itulah mengapa, sebelum mempelajari Bahasa Mandarin lebih jauh lagi, Anda diwajibkan untuk menguasai cara pengucapan Bahasa Mandarin yang jumlahnya ada empat.

    • Nada Pertama
      Nada pertama dalam Bahasa Mandarin adalah nada tinggi dan datar. Suara yang dihasilkan tidak naik atau turun serta tetap mempertahankan kedatarannya hingga akhir. Kata-kata yang diucapkan secara datar biasanya pada bagian vocal diberi tanda strip. Misal pada kata “yi” di mana vokal “i” memiliki strip di atasnya.
    • Nada Kedua
      Nada kedua dalam Bahasa Mandarin adalah nada tinggi. Anda bisa menaikkan suara Anda dari nada terbawah menuju nada tengah. Pengucapan dengan nada kedua ini mirip sekali seperti saat kita bertanya. Simbol yang digunakan untuk menandai nada kedua ini adalah strip naik seperti pada kata “”.
    • Nada Ketiga
      Nada ketiga dalam Bahasa Mandarin adalah nada melengkung yaitu nada dari atas akan turun lalu naik ke atas lagi. Untuk penulisan atau simbol, nada ketiga bisa dituliskan seperti contoh kata “yi”.
    • Nada Keempat
      Nada keempat dalam Bahasa Mandarin merupakan nada turun. Sebuah kata atau frasa akan diucapkan menurun dari nada tinggi ke nada rendah. Pengucapannya seperti saat kita bilang “Jangan!”. Untuk penyimbolan, nada keempat ini bisa dituliskan seperti ini “yì”.
  2. Pinyin

    Kata-kata dalam Bahasa Mandarin diwujudkan dalam bentuk hanzi yang akan sangat rumit dipelajari oleh pemula. Bahkan, anak-anak muda di Tiongkok pun pada mulanya juga selalu kesulitan. Untuk mengatasi hal ini, dibuatlah pinyin atau romanisasi hanzi menggunakan alfabet yang digunakan dan diketahui banyak orang di seluruh dunia.
    Pinyin berguna bagi pemula yang baru saja otodidak Bahasa Mandarin atau kursus Bahasa Mandarin. Dengan pinyin, pemula tidak perlu kesusahan dalam membaca, memahami, dan mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Mandarin. Dengan pinyin, pemula juga akan dengan mudah belajar mengucapkan 4 nada sesuai dengan simbol yang berada di atas huruf vokal.

  3. Percakapan Sehari-hari

    Belajar Bahasa Mandarin tidak akan lengkap jika Anda belum bisa mengucapkan atau mengetahui percakapan-percakapan dasar. Sebagai seorang pemula, Anda disarankan untuk mengetahui percakapan dasar yang kerap dipakai oleh native atau orang yang kerap menggunakan Bahasa Mandarin. Untuk percakapan-percakapan dasar yang kerap digunakan, Anda bisa menyimaknya di bawah ini.
    Halo = nihao
    Bagaimana kabarmu? = ni hao ma
    Lama tidak berjumpa = hao jiu bú jiàn
    Siapa namamu? = ni jiào shén me míng zì
    Senang bertemu denganmu = xìng huì
    Ya = shì
    Tidak = bú shì
    Terima kasih = xiè xiè
    Terima kasih kembali = bú yòng xiè
    Permisi = duì bu qi
    Saya tidak paham = wo bù dong
    Sampai jumpa! = zài jiàn
    Saya cinta kamu = wo ài ni
    Semoga cepat sembuh = kuài dian hào la
    Tolong! = jìumìng a!
    Berhenti! = tíng!

  4. Angka

    Sistem angka dan penghitungan dalam Bahasa Mandarin terbilang sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah menghafal angka 1-9 lalu sisanya digunakan untuk menghafal puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya yang mengekor di belakang angka 1-9. Untuk penjelasan selengkapnya terkait angka, simak uraiannya di bawah ini.

    • Angka 1 hingga 9
      Satu: yi  (?)
      Dua: èr (?)
      Tiga: san (?)
      Empat: sì (?)
      Lima: wu (?)
      Enam: liù (?)
      Tujuh: qi (?)
      Delapan: ba (?)
      Sembilan: jiu (?)
    • Puluhan (?) dibaca shí
      Dua puluh: èr shí (??)
      Lima puluh sembilan: wu shí jiu (???)
    • Ratusan (?) dibaca bai
    • Ribuan(?) dibaca qian
  5. Kata-Kata Dasar

    Kata-kata dasar dalam Bahasa Mandarin cukup mudah untuk dihafalkan oleh pemula yang baru saja belajar. Dengan mempelajari kata-kata sederhana ini, pemula akan dengan mudah mempelajari Bahasa Mandarin tahap selanjutnya tanpa kebingungan dengan kata-kata yang kadang muncul dalam modul bacaan dan juga percakapan.
    Untuk mempelajari dengan mudah kata-kata dasar dalam Bahasa Mandarin, disarankan untuk mempelajari kata dalam satu tema. Misalnya Anda ingin mempelajari nama hewan, carilah semua kata dari nama-nama hewan untuk dipelajari bersama. Selanjutnya pelajari juga kata-kata yang menunjukkan anggota tubuh pada manusia, nama-nama bulan, bunga, pekerjaan, hingga hal-hal terkait dengan cuaca. Mempelajari kata-kata secara cluster akan membuat Anda semakin mudah mengingat sehingga secara bertahap kemampuan Bahasa Mandarin Anda akan meningkat dengan tajam.
    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mempelajari kata-kata dalam Bahasa Mandarin adalah dengan sering penasaran. Misalnya Anda ingin tahu apa kata dalam Bahasa Mandarin untuk menyebut angkutan umum, puasa, laut, hujan, dst. Kata-kata yang ada di sekitar Anda sebenarnya bisa dijadikan bahan untuk belajar. Kalau semua hal di sekitar Anda sudah diketahui Bahasa Mandarinnya, barulah Anda bisa belajar kata lain dari kamus.
    Dalam mempelajari kata dalam Bahasa Mandarin, Anda juga harus belajar cara pengucapannya yang benar. Ingat, dalam Bahasa Mandarin terdapat 4 cara pengucapan yang berbeda. Satu kata dalam Bahasa Mandarin bisa berarti banyak hal dengan pengucapan yang berbeda. Mempelajari banyak kata tidak dilarang, namun akurasi yang tinggi tetap harus dilakukan.
    Untuk membantu Anda dalam menghafal kata-kata dalam Bahasa Mandarin. Disarankan untuk memiliki aplikasi pengingat sejenis mnemonic yang bisa dipasang pada komputer dan juga ponsel pintar. Aplikasi ini memiliki mekanisme penghafalan yang membuat Anda mudah menghafal tanpa sadar. Kata akan diulang-ulang sesuai dengan tingkat kemampuan daya ingatnya.

  1. Belajar Tata Bahasa Mandarin

    Setelah Anda menguasai hal-hal dasar seperti pengucapan dengan empat nada yang berbeda, mempelajari banyak kata, serta mampu menulis dan mengucapkan angka dalam Bahasa Mandarin, Anda sudah layak untuk mempelajari Bahasa Mandarin lebih dalam lagi. Tata bahasa atau grammar dalam Bahasa Mandarin harus Anda pelajari dengan saksama agar lekas lancar dan mencapai target. Berikut penjelasan singkat tentang grammar Bahasa Mandarin.

    • Bahasa Mandarin adalah bahasa analitis sehingga tidak begitu banyak grammarditerapkan. Namun bagi beberapa orang, struktur yang analitis ini justru menyusahkan karena mereka terbiasa menggunakan atau mempelajari bahasa dengan grammar yang lebih terstruktur seperti Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
    • Dalam Bahasa Mandarin tidak mengenal apa yang namanya kata sambung, genderseperti dalam Bahasa Arab, kata benda jamak hingga keterangan waktu atau tenses. Setiap kata dalam Bahasa Mandarin terdiri dari satu suku kata yang akan berubah-ubah makna jika disandingkan dengan kata lain. Itulah mengapa Bahasa Mandarin dikenal sebagai Bahasa analitis.
    • Secara garis besar, struktur dalam Bahasa Mandarin tidak memiliki grammar yang rumit seperti dalam Bahasa Inggris. Namun dalam beberapa hal, Bahasa Mandarin memiliki beberapa struktur bahasa yang cenderung agak rumit bagi pemula. Struktur itu berupa pengklasifikasian, ketinggian topik, dan preferensi pada aspek tertentu. Hal-hal semacam ini tidak ditemui di banyak bahasa dunia.
    • Urutan kata-kata dalam Bahasa Mandarin sama dengan urutan dengan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Anda akan mengenal mana saja yang bertindak sebagai subjek, kata kerja, objek, dan juga keterangan. Struktur ini akan membuat pemula dengan mudah membuat kalimat tanpa harus ketakutan salah menuliskan strukturnya.

BahasaChina.com Tempat Belajar Bahasa China

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *