Sleeping Beauty Pulau Koh Rong Island di Kamboja

Sleeping Beauty Pulau Koh Rong Island di Kamboja

Sleeping Beauty Pulau Koh Rong Island di Kamboja Yang Masih Asri Backpacker Ke Kamboja Tidak Lengkap Jika Tidak Mengunjungi Kota Terbesar Ketiga Seperti Sihanoukville Yang Menyimpan Keindahan Pulau Terbaik di Dunia Mengalahkan Bali, Indonesia.

Sebagai Seorang Backpacker Dari Indonesia Sejati, Yang Berpengalaman Lebih Dari 5 Tahun di Kamboja, Baihaqi Zhai Memberikan Informasi Mengenai Pulau Cantik dan Penuh Pesona Ini Untuk Menjadi Bahan Inspirasi Kamu Untuk Backpacker Honeymoon, atau Backpacker Ke Kamboja Dan Akan Memasukan Pulau Koh Rong Island Ini Menjadi Itinerari Kamu Yang baru Setelah Angkor Wat

Mengenal Koh Rong Island, di Kamboja

Nuansa hening pantai, hutan lebat yang tak terjamah, membuat Koh Rong Island layak menjadi tempat berlibur yang memberikan pengalaman berkualitas. Dibanding pantai lainnya yang sudah terlalu bising, tak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai surga kecil di Kamboja.

Koh Rong, pulau terbesar kedua di Kamboja, terletak di provinsi Sihanoukville ini dapat dicapai dengan perahu dari Sihanoukville. Jika Anda hendak berkunjung ke sana, pastikan Anda memakai topi, sunglasses, juga sunscreen, karena perahu biasanya berangkat menuju Koh Rong pada pagi hari dan mengulang kembali perjalanan pada sore hari.

Sleeping Beauty Pulau Koh Rong Island di Kamboja

Untuk perjalanannya sendiri dari Sihanoukville memakan waktu sekitar 2,5 jam (21 KM). Namun jika Anda tak mau bersabar, Anda bisa memilih jalur yang lebih cepat dengan menggunakan kapal cepat yang bisa membuat Anda cukup menghabiskan setengah jam saja untuk sampai. Seperti Baihaqi Zhai Yang Suka Mengambil Speed Boat Ferry di Ocher Teal Pier Yang Banyak Bule-Bule Cantik Telanjang Dada.

Satu-satunya cara untuk mengitari pulau ini adalah dengan berjalan kaki, dan perlu sangat hati-hati karena sebagian besar pulai ini masih berisi hutan lebat. Hutan lebat yang belum terjamah itu memang tidak menyimpan singa, harimau, atau beruang, tapi ada serangga dan burung-burung yang patut diwaspadai.

Dengan 23 pantai berpasir putih yang dapat dipilih di Koh Rong Island, memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal. Meski untuk berpetualang di sini harus dilakukan melalui hutan yang relatif tak tersentuh. Petualangan seperti ini tentunya menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Anda para pencinta wisata alam.

Seperti layaknya liburan di pantai-pantai lainnya, kegiatan diving dan snorkelling menjadi aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Tapi hal terbaik di atas itu semua ialah melihat air laut berkilau dengan pendar yang berkelap-kelip. Pemandangan semacam ini paling baik dilihat dari jarak empat kaki dari pantai. Karena pembangunan dan polusi cahaya yang minim di Koh Rong, kondisi tersebut sangat sempurna untuk plankton berpendar dan dapat dilihat setiap malam.

Koh-Rong-Kamboja-Pulau-Cantik-Penuh-Misteri

Menurut Pegi-Pegi Koh Rong adalah pulau terbesar di lepas pantai Kamboja yang terdiri dari perbukitan, sungai-sungai kecil, hutan, air terjun dan pantai sepanjang 43 kilometer. Pantai Koh Rong dipenuhi pasir warna kuning gading yang bercampur dengan bebatuan kecil berwarna pink. Ada gugusan batu karang di sekitar pantai yang menjadi kawasan tempat tinggal bagi berbagai jenis makhuk laut.  Kegiatansnorkeling dan diving dapat kamu lakukan di sini, selain berjalan-jalan mengelilingi Pulau Koh-Rong yang menjadi rumah bagi 4 desa, yaitu Koh Tuich, Prek Svay, Soksan dan Dam Dkeuw.

Koh Rong merupakan Bahasa (Khmer: កោះរុង), yang mana pulau ini adalah pulau terbesar kedua di Kamboja setelah Koh Kong. Berlawanan dengan kepercayaan Barat, namanya tidak diterjemahkan ke “Monkey Island” atau Pulau Monyet. Menurut bahasa Khmer, kata “rong” berarti “gua”. Jadi Secara Harfiah Pulau Ini Berarti Pulau Penuh Gua

Pulau ini terletak di Provinsi Sihanoukville sekitar 25 kilometer di lepas pantai Sihanoukville di Teluk Thailand , pulau ini memiliki luas sekitar 78 km2. Saat ini, ada empat desa kecil: Koh Tuich, Dam Dkeuw, Prek Svay dan Soksan di pulau ini. Pulau ini juga menjadi rumah bagi lebih dari selusin penginapan dan bungalow, banyak dari mereka milik asing. Pulau ini merupakan bagian dari kepulauan Koh Rong. Seperti kebanyakan pulau-pulau tetangganya, Koh Rong telah memiliki konsesi lahan yang diberikan oleh pemerintah Kamboja.

Penginapan Hotel dan Resort

Pulau dengan luas 78 kilometer persegi ini memiliki lebih dari selusin guest house, bungalow, dan restoran lokal kecil yang menyediakan bir dingin dan makanan laut segar yang baru ditangkap.

Monkey Island Bar memiliki pertunjukkan fire dance setiap malamnya. Paradise Bungalows juga menawarkan pilihan anggur yang sangat baik di bar mereka.

Di bagian selatan Koh Rong, ada pulau yang lebih kecil yang disebut Koh Rong Samloem, namun juga memiliki pantai-pantai sepi yang sangat cantik. Dive Shop, yang menyewakan perahu antar kedua pulau membuka Robinson’s Bungalows, cottage-cottage dari kayu yang sederhana.

Baihaqi-Zhai-di-Koh-Rong-Cambodia

Nature Beach Koh Rong dengan Bungalow Cantik Menjadi Pilihan Baihaqi Zhai, Karena Pulau Ini Hanya Berisi Sekitar 20-30 Orang Saja Ketika Bukan Musim Liburan.

Juga ada Lazy Beach, resor tertua dan terkenal di sini dengan tempat tidur gantung yang banyak. menu cocktail yang beraneka membuat tempat ini sangat sempurna untuk bermalas-malasan di akhir pekan.

Untuk Anda yang senang masakan Italia, bisa bermalam di Pura Vida resort, atau LA MAMI. Range harga penginapan di sini pun bervariatif, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda punya, mulai dari 6 hingga 65 dollar Amerika per malamnya.

Pengembangan Ecotourism

The Royal Group merencanakan membangung Koh Rong menjadi pulau pertama yang dibangun di Asia dengan prinsip Ecotourism. Yaitu, cara berwisata yang menghormati lingkungan (flora, fauna, dan masyarakat lokal). Pengunjung harus melestarikan lingkungan.

Hal ini berdasarkan perkembangan terakhir yang menyatakan bahwa kehidupan laut di Koh Rong mulai rusak. Coral yang membentang di sepanjang pulau mulai mengalami kerusakan yang disebabkan oleh perilaku nelayan lokal dan nelayan ilegal yang menggunakan bahan peledak saat mencari ikan. Untuk itu The Sihanoukville Fishing Administration Department bersama beberapa komunitas, sedang mengusahakan untuk membangun konservasi coral, di Pulau Koh Ronh dan Koh Rong Saloem.

Selain itu, akan diusung juga prinsip Ecoresort, dimana pemilik resor juga harus menghormati lingkungan alam. Dengan demikian, bahan-bahan konstruksi untuk pengolahan limbah haruslah yang ramah lingkungan.
CB Richard Ellis, perusahaan jasa real estate besar ini telah ditunjuk oleh The Royal Group of Cambodia sebagai penasehat ekslusif dan agen tunggal untuk memperkenalkan investor dalam membangun pulau Koh Rong.

Tahukan Kamu Program televisi Perancis “Survivor” Koh Lanta difilmkan di Koh Rong, dekat desa Soksan pada tahun 2012. Desa Soksan Juga Memiliki Pantai Yang Sangat Indah.

Di Kota Ini Anda Dapat Menyeberang Ke Pulau Cantik Koh Rong dan Koh Rong Sanloem Yang Terletak di Sebelah Selatan Kamboja.

Memang tak banyak orang yang tahu bahwa Koh Rong ialah salah satu pesona terpendam dari Kamboja. Mayoritas orang tahu tempat pariwisata terkenal di Kamboja hanyalah Angkor Wat.

Bart Kluskens, seorang ahli Biologi kelautan dan juga penasehat konservasi yang bekerja di Kamboja, yang menjadi salah satu penentu daftar pantai terbaik itu mengatakan. “Pulau ini masih murni, belum banyak terjamah, baru beberapa tahun terakhir saja orang-orang mulai melirik pantai di sini,” ujar Bart seperti dikutip dari Dari Majalah Forbes.

Kurang lebih ada 1000 orang tinggal di empat desa kecil di pulau ini, Koh Tuich, Dam Dkeuw, Prek Svay, dan Soksan, dimana sebagian besarnya adalah nelayan. Ada banyak monyet berayun di sekitar pulau ini. Wisatawan umumnya mengunjungi pulau ini pada akhir Oktober atau akhir Mei.

Surga kecil ini memang sudah direncanakan dalam pengembangan besar-besaran. Tersiar kabar akan dibangun bandara, lapangan golf, banyak resor, jaringan komunikasi dan internet, bahkan kasino. Kalau nantinya akan benar menjadi seperti itu, bisa terbayang kesyahduan pulau ini sebelumnya pasti akan tak terusik.

Pulau menawan ini memiliki pesona magis. Wisatawan-wisatawan yang datang bersantai di pantai tidak terlihat sibuk dengan laptop atau iPadnya, seperti yang terlihat di tempat-tempat wisata kebanyakan. Tidak ada internet di pulau ini, dan tak ada listrik untuk menge-charge, meskipun di beberapa penginapan ada generator yang berfungsi beberapa jam di malam hari. Namun, hal ini terus berkembang, kabarnya, di dekat dermaga sudah ada jaringan wifi. Ini Berita Tahun 2013 Ketika Baihaqi Zhai Pertama Kali Mengunjungi Pulau Koh Rong.

Saat Ini Kamu Sudah Menikmati Internet Cepat 4G dari Smart Axiata Untuk Mengunjungi Pulau Cantik Ini, Internet Kencang Menjadikan Informasi Lebih Cepat, Tulisan Ini Di Tulis Ketika Berada di Pulau Cantik Penuh Magis, Cahaya Lampu Juga Sudah Menjadi Hal Biasa, Berbeda Ketika Baihaqi Mengunjungi 3 Tahun Silam, Banyak Perubahan Yang Terjadi di Pulau Ini

4 thoughts on “Sleeping Beauty Pulau Koh Rong Island di Kamboja

  1. Salam kenal Bro Baihaqi,
    Saya rencana bulan Juli ini mau travel ke Cambodia termasuk menginap 2 malam di Koh Rong. Tujuan utama ke Koh Rong mau nikmatin pantai2x yang cantik dan snorkeling… 🙂

    Mungkin Bhq ada jnfo mengenai snorkeling, di Koh Rong ada gak ya yg nawarin snorkeling trip dalam satu hari termasuk snorekeling di Koh Rong Samloem?

    Thanks
    Aldo

    1. Ada Banyak Paket One Day Tour Ke Koh Rong Sanloem plus snorking disana.. agan ambil tiket terusan one way ferry dr sihanoukville ke koh rong utama aja gan..

      banyak paket tour di sihanoukvillee yang menawarkan jasa tersebut

      1. Thanks Gan…

        Kalau dari Sihanoukville memang saya baca2x banyak paket trip ke Koh Rong Samloem, maksud saya yg berangkatnya dari Koh Rong.

        Btw, saya mendingan pegang US$ terus aja selama di Cambodia, sampe Cambodia perlu gak tuker US$ ke Riel Kamboja? Apa semua toko2x kecil termasuk di market juga terima US$ Gan?

        Thanks infonya Gan.

  2. Bos kalo dr dermaga ke koh rong kena brp duit ya. Brp jam perjalanan? 2 taun disini tp tak prnh kecapaian buat kesana. Derita tak prnh merasakan yg namanya offday :'(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *