Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia

Rayani Air Merupakan Pesawat Komersial Berbasis Syariah Pertama di Dunia Yang Menjadi Andalan Bangsa Malaysia Khususnya Bangsa Melayu Yang Menjungjung Nilai Islam Dalam Dunia Airlines.

Malaysia adalah negara mayoritas muslim dengan lebih dari 61 persen populasi. Menurut jajak pendapat internasional Pew, 86 persen dari muslim Malaysia yang disurvei setuju bila syariah harus menjadi hukum resmi di negara mereka.

Pemerintah Malaysia telah lama mempromosikan negaranya sebagai negara muslim moderat, meskipun sikap konservatif tampaknya meningkat.

Berikut Foto-Foto Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia:

Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia Sharia Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia Rayani Airlines Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia Kuala Lumpur Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia Malaysia Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia KLIA2 Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia

Rayani Airlines menjadi maskapai penerbangan murah yang baru sekaligus pesawat dengan hukum syariah pertama dunia. Seperti diberitakan the Independent dan dilansir republika.co.id, Selasa (22/12/15), Direktur maskapai Jaafar Zamhari mengatakan, pihaknya tetap akan berpedoman oleh otoritas yang relevan.

Para awak kabin perempuan muslim diwajibkan menggunakan jilbab sementara non muslim harus memakai seragam yang ‘layak’. Tidak hanya dari segi makanan, para awak kabinnya juga diwajibkan mengenakan pakaian yang mengikuti prinsip-prinsip syariah. Dilarang mengenakan pakaian yang ketat, apalagi seksi. Hijab diwajibkan untuk pramugari muslim. Sementara, bagi awak non muslim mengenakan pakaian pantas dan sopan. Sebelum pesawat lepas landas atau take-off, akan diperdengarkan lantunan doa yang keluar dari pengeras suara dalam kabin.

Doa akan dibacakan sebelum keberangkatan setiap penerbangan, sementara alkohol dilarang dalam pesawat tersebut. Setiap makanan dan minuman yang disediakan adalah halal.

Saat ini, maskaapai tersebut hanya menyediakan penerbangan domestik. Namun memiliki rencana untuk memperluas jaringan internasional pada tahun depan. ementara itu, Direktur pelaksana Rayani Air, Jaafar Zamhari kepada harian Star mengatakan, “Kami adalah maskapai Malaysia pertama yang berbasis syariah, sesuai arahan otoritas yang berwenang. Kami bangga karenanya.”

“Aspek syariah akan disempurnakan seiring waktu,” kata dia.  Rayani Air sejauh ini baru melayani penerbangan dari Kuala Lumpur ke Kota Bahru, dan Langkawi. Juga ke Kuching dan Kota Kinabalu, menggunakan dua pesawat Boeing 737-400. da sejumlah maskapai penerbangan dunia yang juga menerapkan prinsip dalam syariah. Misalnya dari Arab Saudi.

Sementara, maskapai pelat merah Arab Saudi tak menyediakan minuman beralkohol dan melarang siapa pun membawanya ke dalam kabin. Sementara, maskapai Firnas Airways yang berbasis di Inggris berencana menawarkan penerbangan serupa tahun depan.

Rayani Airlines menjadi maskapai penerbangan murah yang baru sekaligus pesawat dengan hukum syariah pertama dunia. Seperti diberitakan the Independent Selasa (22/12), Direktur maskapai Jaafar Zamhari mengatakan, pihaknya tetap akan berpedoman oleh otoritas yang relevan.

Maskapai di negara itu tidak melayani produk babi pada penerbangannya. Juga maskapai Etihad yang melakukan doa perjalanan sebelum lepas landas. Hukum yarah mengacu pada kereangka hukum berdasarkan aturan moral dan hukum Islam.

One thought on “Rayani Air Pesawat Berbasis Syariah Pertama di Dunia

  1. tidak hanya bank syariah, sekarang menjamur hotel syariah dan ternyata juga mulai ada pesawat berbasis syariah. nice info.blog ini isinya keren dan hal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *