20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja

20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja

20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja Yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia Dan Tentunya Kamu Dapat Memakan Makanan dan Masakan Kamboja Ini. Tentunya Ada Yang Halal dan Haram Yah!!!

Masakan Kamboja merupakan salah satu khasanah kuliner tertua yang pernah ada. Kuliner ini merupakan perpaduan antara citarasa Vietnam dan Thailand. Tetapi walaupun Anda sudah pernah mencicipi masakan kedua negara tersebut bukan berarti Anda tak perlu mencoba masakan Kamboja. Kamboja menyimpan berbagai makanan yang patut dipuji karena kekayaan rasanya.

Masakan Khmer (bahasa Khmer: សិល្បៈខាងធ្វើម្ហូបខ្មែរ) atau masakan Kamboja adalah masakan bangsa Khmer di Kamboja. Walaupun umumnya tidak terlalu pedas, makanan Khmer mirip dengan makanan Thailand dan masakan Vietnam.

Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja – Mengapa Makanan Khmer Cenderung Asam? Cabai tidak dikenal di Asia hingga diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16. Namun masih perlu waktu lebih lama lagi hingga cabai dikenal orang Kamboja. Tidak seperti halnya masakan di Thailand, Laos, atau Malaysia yang bertetangga, cabai bukan merupakan bumbu yang penting dalam masakan Khmer. Asam jawa dipakai untuk kuah dalam masakan seperti samlar machu. Bunga lawang harus dimasukkan ketika memasak daging dengan gula jawa seperti masakan daging babi yang disebut pak lov. Bumbu yang umum dalam masakan Khmer dan semua kari Khmer adalah kunyit, lengkuas, jahe, serai, dan daun jeruk purut.

Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja – Beberapa hidangan khas Khmer juga dapat ditemui di Vietnam karena Kamboja dan Vietnam dulunya sama-sama pernah menjadi jajahan Perancis di Asia Tenggara. Masakan Khmer juga dipengaruhi masakan Cina dan masakan Perancis karena hubungan sejarah kedua negara tersebut dengan Kamboja. Orang Khmer juga memiliki berbagai hidangan kari (ការី) yang merupakan peninggalan pengaruh budaya India.

Pengaruh masakan Cina yang dibawa Cina perantauan misalnya dalam berbagai hidangan dari kwetiau (bahasa Khmer: kuyteav, គុយទាវ). Banh chiao adalah versi orang Khmer untuk Bánh xèo dalam masakan Vietnam. Baguette adalah peninggalan kuliner Perancis. Di Kamboja, baguette dimakan untuk sarapan dengan olesan pâté, sardencis dalam kaleng, atau goreng telur. Minuman sewaktu sarapan adalah kopi kental ditambah susu kental manis.

Makanan pokok orang Kamboja adalah nasi. Walaupun mi juga populer, ketika makan, orang Khmer hampir selalu menyertakan semangkuk nasi. Lauk berupa berbagai jenis kari, sup, dan hidangan tumis. Di Kamboja ditanam berbagai jenis padi termasuk jenis yang menghasilkan beras ketan dan beras wangi. Ketan biasanya dijadikan hidangan penutup atau dimakan bersama durian. Sewaktu makan, orang Kamboja biasanya makan nasi dengan tiga atau empat lauk. Sup atau samlor biasanya selalu dihidangkan ketika makan. Lauk untuk makan nasi bisa memiliki rasa manis, masam, asin, atau pahit. Cabai ditambahkan sendiri sesuai selera.

Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja – Ikan adalah sumber protein hewani utama dalam masakan Khmer. Ikan asin di Kamboja disebut trei ngeat (ត្រីងៀត) dan dimakan sebagai lauk bubur nasi. Hidangan khas Khmer yang disebut amok dibuat dari ikan lele yang dikukus bersama kari bersantan. Daging babi dibuat sosis manis ala Khmer yang disebut twah ko (ត្វារគោ). Daging sapi dan daging ayam dibuat masakan rebus, dipanggang, atau ditumis. Makanan laut yang dimakan orang Khmer adalah kerang, udang karang, udang, dan cumi-cumi. Lobster berharga mahal dan tidak umum dimakan, kecuali dimakan oleh kalangan menengah dan kalangan atas di Sihanoukville. Panggang bebek ala char siu khas Cina merupakan hidangan untuk pesta dan perayaan. Sumber protein hewani lainnya bagi orang Khmer adalah kodok, penyu, dan laba-laba goreng.

Di Kamboja, durian dianggap sebagai raja buah, diikuti manggis sebagai ratu buah, sawo sebagai pangeran buah, dan sawo duren (phlai teuk doh ko) sebagai putri buah. Di antara buah-buahan lain yang populer adalah nenas, jambu, kelapa, siwalan, nangka, pepaya, semangka, pisang, mangga, dan rambutan. Walaupun biasanya buah-buahan dimakan sebagai hidangan penutup, beberapa jenis buah ketika sudah matang dimakan sebagai lauk sewaktu makan nasi putih bersama ikan asin. Buah-buahan seperti durian, mangga, dan pisang juga dibuat jus yang disebut tuk kolok (ទឹក កលក់).

Penyedap kebanggaan orang Khmer adalah pasta ikan hasil fermentasi yang disebut prahok(ប្រហុក). Prahok dipakai di sebagian besar hidangan dan dimakan sebagai saus cocol. Penambahan prahok dalam takaran yang cukup banyak menambah rasa asin-asin masam pada makanan. Rasa asin-asin masam dari prahok adalah rasa khas masakan Khmer yang membedakannya dari masakan negara-negara tetangga. Bila tidak memakai prahok, masakan Khmer meamakai terasi (kapǐ, កាពិ) dari hasil fermentasi udang. Sebagian hidangan Khmer memakai jeruk sitrun yang dikeringkan. Pemakaian sitrun kering sama sekali tidak dikenal dalam masakan negara-negara yang bertetangga dengan Kamboja. Masakan Kamboja memakai kecap ikan untuk berbagai jenis sup, makanan tumis, dan sebagai saus cocol. Santan dipakai untuk berbagai jenis kari dan hidangan penutup.

Masakan Kamboja merupakan salah satu khasanah kuliner tertua yang pernah ada. Kuliner ini merupakan perpaduan antara citarasa Vietnam dan Thailand. Tetapi walaupun Anda sudah pernah mencicipi masakan kedua negara tersebut bukan berarti Anda tak perlu mencoba masakan Kamboja. Kamboja menyimpan berbagai makanan yang patut dipuji karena kekayaan rasanya. Berikut Ini Adalah 20 Makanan Khas Negara Kamboja Untuk Anda Pecinta Kuliner.

20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja Yang Wajib Anda Coba

1. Bok L’hong Papaya Salad

Bok L’hong (បុកល្ហុង): salad pepaya muda ala Khmer, ditumbuk dan dicampur di dalam cobek. Hidangan ini mirip dengan tam mak hang khas Laos, namun memakai kemangi thai, buncis, kacang tanah yang disangrai, tomat mini, kepiting kecil yang difermentasi, ikan asap atau ikan asin, dan cabai. Saus berupa campuran jeruk limau, kecap ikan, dan prahok. Ini Merupakan Favorit Baihaqi Zhai Disini, Karena Melepas Rindu Dengan Rujak Ala Indonesia.

20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja

2. Ansom chek (អន្សមចេក):
Beras dan pisang dibungkus daun pisang, dibungkus memanjang dengan daun pisang seperti lontong dan dikukus. Kalau Di Daerah Baihaqi Zhai Biasanya Di Sebut Kue Pipis atau Kue Nagasari, Kuenya Mirip Seperti Makanan Jawa.

Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja Ansom-chek

3. Ansom chrook (សន្សមជ្រូក):
Beras, daging babi, dan pasta kacang hijau dibungkus memanjang dengan daun pisang seperti lontong dan dikukus. Jadi Kayak Makan Bakchang Saat Festival Bakchang Lho, Rasanya Nikmat dengan Campuran Babi Yang Lezat.

Ansom chrook

4. Bai sach chrouk
Bai sach chrouk berarti babi dan nasi. makanan ini merupakan menu sarapan yang populer di Kamboja. Biasanya dijual di kedai-kedai pinggir jalan pada pukul enam sampai sembilan pagi. Makanan ini bahan-bahannya cukup sederhana. Terbuat dari daging babi yang diiris tipis, diolesi kecap, santan atau bawang putih dipanggang di atas bara arang agar rasa manis keluar. disajikan bersama nasi acar mentimun. sebagai pelengkap disediakan kaldu ayam yang ditaburi bawang merah dan irisan daun bawang. Nasi dalam bai sach chrouk terbuat dari butiran beras patah, beras berkualitas buruk yang biasa dijadikan pakan ayam. Pemilihan beras ini lebih merupakan tradisi Kamboja.Kalau sedang berkunjung ke Phnom Penh, Anda akan menjumpai penjaja makanan ini di sudut-sudut jalan kota tersebut.

Bai sach chrouk Kamboja

5. Babar (បបរ):
Bubur beras, bisa tidak dicampur ayam, namun biasanya adalah bubur ayam atau bubur babi yang dihidangkan dengan tauge dan daun bawang. Babar praey adalah bubur asin. Makanan Lezat Bubur Ini Bisa Menggunakan Ayam, Babi, Sapi, dan Ikan.

Babar

6. Bai cha (បាយឆា)
Bong, Bai Cha Mui?? Bang, Tolong Nasi Gorengnya Satu. Variasi orang Khmer untuk nasi goreng. Jajanan Malam Yang Wajib di Coba Agan Setelah Sampai Kamboja, Pilihan Nasi Goreng Juga Ada Nasi Goreng Sapi, Babi, Ayam, Seafood, Udang, Cumi, dan Ikan

Bai cha

7. Ang dtray-meuk
Ang dtray-meuk sebenarnya adalah cumi-cumi utuh yang dipanggang. Ang dtray-meuk adalah jajanan yang biasa ditemui di kota-kota pesisir seperti Sihanoukville dan Kep. Para penjaja makanan ini biasanya membawa pemanggang yang dipikul di pundak. Cara pembuatannya sangat sederhana. Cumi-cumi diolesi dengan perasan jeruk nipis atau saus ikan kemudian dipanggang di atas barang arang. Untuk penyajiannya disediakan saus kemerahan khas Kamboja dalam mangkuk kecil.

Ang dtray-meuk

8. Ban Hoaw (បាញ់ហយ):
Bihun dengan kuah saus ikan manis, dihidangkan bersama daun mint, kacang tanah yang dihaluskan, acar sayuran, dan lumpia.

Ban Hoaw (បាញ់ហយ)

9. Semut merah dengan daging dan daun basil
Serangga adalah bahan makanan yang sering dijumpai dalam kuliner Kamboja. Tarantula, jangkrik, belalang, dan kalajengking biasanya dijadikan cemilan khas yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Kalau Anda ingin mencoba salah satu dari makanan ekstrem ini, pilihlah semut merah. Rasa dan bentuknya lebih mudah diterima lidah orang asing daripada jangkrik atau kalajengking. Semut merah dalam berbagai ukuran digoreng dengan jahe, serai, bawang putih, daun bawang dan irisan daging sapi. Untuk melengkapi citarasa alami semut yang cenderung asam, ditambahkan pula cabai yang berlimpah.

Serangga Kamboja

10.Caw (ខ ឬសម្លខ):
Semur-Semuran, Seperti Semur daging ayam, daging babi, dan telur dengan gula jawa; kadang-kadang ditambah dengan tahu atau rebung. Masakan ini mirip dengan thịt kho dari Vietnam. Cha knyey (ឆាខ្ញី): cah daging pedas dengan merica, irisan halus jahe, dan cabai.

Caw

11. Fish amok (Amok trey)
Amok trey (អាម៉ុកត្រី): ikan masak kari kuah santan, dibungkus daun pisang dan dikukus. Fish amok termasuk makanan Kamboja yang paling populer. Masakan ini bentuknya menyerupai puding, tetapi mempunyai citarasa yang gurih karena terbuat dari ikan. Yang membuat makanan ini terasa unik di lidah adalah penambahan slok ngor, rempah khas Kamboja yang rasanya sedikit pahit.

Fish amok

12. Jroak sway (ជ្រក់ស្វាយ):
Salah Satu Favorit Baihaqi Zhai Untuk Makanan Khmer, Karena Terbiasa Makan Makanan Dari Alam Sendiri, Alias Punya Pohon Mangga Di Rumah. Mangga Jadi Salah Satu Favorit. Kalau Jroak Sway Berarti Salad irisan mangga muda dengan saus kecap ikan dan cabai; biasanya dihidangkan sebagai lauk tambahan sewaktu makan nasi dengan ikan panggang atau ikan goreng.

ជ្រក់ស្វាយ

13. Kari merah Khmer
Kari merupakan kuliner khas Asia. Tiap negara punya resep khasnya masing-masing, begitu juga dengan Kamboja. Di Kamboja kari disajikan dengan kuah merah yang kental. PEnampilannya mirip dengan kari khas Thailand. Meskipun terlihat banyak mengandung cabai, ternyata kari Khmer ini tidak sepedas kari di Thailand. Isinya terdiri dari daging sapi, ayam atau ikan, terong, buncis, kentang, dan santan. Biasanya dimakan dengan roti, hasil dari pengaruh budaya Prancis yang pernah menjajah negara tersebut.

Kari merah Khmer

14. Beef Loc lac (ឡុកឡាក់)
Biasanya Kebanyakan Sapi Jarang Ada Loc Lac Babi. Tumis potongan daging berbentuk dadu yang dihidangkan bersama; dihidangkan bersama irisan bawang bombay merah di atas daun selada, mentimun, dan tomat. Loc lac dimakan setelah dicelup ke dalam saus jeruk limau dan dan/atau merica hitam. Dalam masakan Vietnam dikenal hidangan serupa yang disebut bò lúc lắc. Makanan Ini Wajib Di Coba, Eits Bagi Kamu Yang Tidak Boleh Makan Sapi Alias Haram Makan Sapi Pilih Menu Babinya Yah!!

Beef Loc Lak

15. Nom banhchok (នំបញ្ចុក):
Bihun dengan sayuran mentah. Ada dua jenis kuah yang menyertai hidangan ini, kuah hijau dan kuah merah. Kuah hijau dibuat dari daging ikan yang dihaluskan, serai, dan kroeung. Sup mereah dibuat dari daging ayam dan kari bersantan. Samlor kari juga bisa dipakai sebagai kuah.

Nom banhchok

16. Yao hon atau yaohon (យ៉ៅហ៊ន)

Yao hon atau yaohon (យ៉ៅហ៊ន) merupakan hot pot ala Khmer dengan isi daging sapi, udang, bayam, adas manis, kwetiaum dan jamur.

Yao hon

17. Ngam nguv
Sup ayam dengan aroma jeruk sitrun yang dikeringkan.

Ngam nguv

18. Sankya lapov dan Kralan
Hidangan penutup dari labu parang dan santan kelapa. Kralan, kue dari beras, parutan kelapa, dan santan.

Sankya lapov

19. Samlor kari nom banh jok (សម្លការីនំបញ្ចុក):
Kari ayam pedas bersantan khas Kamboja, dihidangkan bersama buncis mentah, irisan kubis, wortel, dan pepaya muda. Kari ini juga dipakai untuk mencelup baguette. Somlar kari (សម្លការី): kari merah bersantan dari daging ayam, berisi ubi jalar, irisan halus bawang bombay dan rebung.

Samlor kari nom banh jok

20. Samlar machu (សម្លម្ជូរយួន)
Sup asam jawa berisi daging ikan atau daging ayam, tomat, akar seroja, dan dibumbui dengan prahok (Daging ikan cincang (biasanya ikan gabus) yang digarami, difermentasi, dan dibungkus daun pisang.). Hidangan ini mirip dengan sup canh chua dari Vietnam.

Samlar machu

One thought on “20 Makanan Khas Cita Rasa Ala Kamboja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *