Backpacking China Mendaki Gunung Taishan

Gunung Tai Taishan Mountain Anak Tangga 7000 Buah

Backpacking China Mendaki Gunung Tai (Mount Tai atau Taishan), Terletak di Provinsi Shandong, China. Memiliki Tinggi 1532 Meter dan Berada di tengah-tengah Kota Tai’an, Republik Rakyat China.

Gunung Taishan , Shan Adalah Gunung dan Tai Adalah Namanya Jadi Sebenarnya Gunung Tai, Kalau Nama Kamu Hasan, Maka Artinya Gunung Ha. Hahaha. Waktu Sudah Menunjukkan Pukul 20.30, Saia Tiba di Stasiun Tai’an, Shandong Province, China dengan Menggunakan Kereta Peluru dari Kota Shanghai dengan Biaya 379 RMB untuk Kelas 2. Saia Harus Bergegas Ke Taishan International Youth Hostel, Jika Ingin Menggunakan Taksi dari Stasiun Taian Kamu Akan Menghabiskan Biaya 25-50 RMB. Jika Ingin Berhemat, Kamu Naik Bus dengan Nomer 18 Yang Sudah Ada di depan Stasiun Kemudian Turun di Stasiun Taishan dan Lanjut Menggunakan Bus No.7 atau No.8 dan Turun di Halte TiongTianFang. Jalan Kaki darisana gampang saja. Lihat Peta Yang di berikan oleh www.tsyha.com, Jika Go Show Kamu Bisa Dapat Rate 45 RMB, Kalau Kamu Via Booking.com Kamu Bisa Dapat Harga 50 RMB untuk Bed di 6 Dorm.

Jam 21.30 Akhirnya Saia Tiba di Hotel, Berjumpa dengan kawan baru. Beijing Ren (Orang Beijing). Masih Muda Untuk baru 19 Tahun, Dia Akan Melakukan Road Sepeda dari Beijing Ke Shanghai, dan di Kota ini Dia Singgah untuk Beristirahat dan Mendaki Gunung Tai di Kota Cantik Ini, Saia Langsung di ajak dengan Anak Muda Yang Enerjik ini Untuk Mendaki Gunung Tai Jam 23.00 Waktu Beijing untuk Melihat Sunrise di Puncak Gunung Tai. Saia Terkejut dan Belum Menyiapkan Apa-Apa. Tetapi Tuhan Terlalu Baik Kepada Saia, Di Taishan Saia mendapat orang-orang baik dan pandai berbahasa inggris. Wo Bu Zhi Dao!!!

10 Menit Saia Berpikir, Saia Mengiyakan Ajakan Teman Baru Saia Ini, Akhirnya Kita Sepakat Keluar Hostel Ini Jam 23.00, Menuju Red Gate Palace Menggunakan Taksi dengan Biaya 10 CNY. Awal Mula Pendakian Gunung. Jalan Dulu Sekitar 500 Meter, Akan Menemui Loket Karcis. Biaya Pendakian 102 CNY untuk Adult Karena Musim Dingin Sangat Sedikit Orang Mendaki Karena Cuaca Sudah 0 ‘ c di Bawah Gunung Tai.

Loket Red Gate Palace 102 CNY Saat Musim Dingin
Loket Red Gate Palace 102 CNY Saat Musim Dingin Saat Pagi Hari

Bergegas Dalam Gelapnya Malam, Tidak Ada Lampu-Lampu Selama Perjalanan Kami. Kami Buta, Angin Yang Menusuk, Suara Gongongan Anjing Menjadi Pertanda Ada Mahluk Lain Yang Menghuni Gunung Tai Ini. Jikalau Kamu Sendiri Mendaki Gunung Tai Ini, Banyak-Banyak Berdoa Kepada Sang Maha Kuasa. Bukan Karena Takutnya Akan Mahluk Lainnya Yang Mengganggu, Tapi Meminta LindunganNya Agar Selalu Optimis dan Tidak Mudah Putus Asa dalam Mendaki Gunung Tai Ini. Karena Saia Berdua Saja Hampir Pesimis Karena Tidak Sampai-Sampai Puncak. Tidak Banyak Spot Yang Kami Lihat di Malam Hari. Gunung Tai Memiliki Tinggi Sekitar 1550 meter, Tapi Memiliki Jalan Yang Berlika-liku Tajam Sekitar 5-7 km, Jadi Total Pendakian Memerlukan 3-5 Jam Pendakian untuk Mencapai Ke Atas Gunung.

Temptation yang ada hanyalah angin malam yang dingin dengan Suhu Di Bawah 0 ‘c. Akhirnya Setelah berhenti di beberapa tempat. Pukul 04.00 AM Kita Sudah Sampai di Atas Puncak Gunung Tai. Suhu Sudah -8 ‘c Akhirnya Saia dan Teman Saia Memilih Untuk Menghangatkan Badan di Hostel di Atas dengan Membayar 20 CNY. Its Ok Just untuk Hangatin Badan, Tapi, “Kurang Hangat Pemilik Guest House Tersebut Memiliki Mannner Yang Buruk” Kata Teman Chinese Saia. Ada Seorang Customer Juga Membeli Indomie Cup dengan dia dan di beri air hangat. Dia Juga Punya Indomie yang di bawa dari bawah Ingin Meminta Air Panas Untuk Makan Indomie Saja, Mukanya Marah dan Mengeluarkan Kata-Kata Keras Kepada Customer Tersebut. So Perhitungan Banget.

Pemandangan Sunrise Gunung Tai Taian Shandong Province

Jam 07.20, 10 Menit Lagi Sunrise. dan Kita Keluar dari Hostel Tersebut untuk Siap-Siap Menikmati Pemandangan Cantik Itu. Wuich Mantap Sekali, Berikut Ini Foto-Foto Sunrise. Jam 07.45 Saatnya Balik Hotel, Mata Saia Udah Mengantuk. Saia Ingin Cepat-Cepat Menggunakan Cable Car Rope Way Taishan, Tapi Apa Daya Kita Berencana Tuhan Yang Maha Baik Memiliki Kehendak Yang Baik juga. Angin Kencang Sedang Melanda Sekitar Gunung, Jadi Rope Way Tidak Dapat Di gunakan.

Perjalanan Gunung Taishan Turunan 7000 Anak Tangga Gate of Heaven
Perjalanan Gunung Taishan Turunan 7000 Anak Tangga Gate of Heaven

Jadi Degh, Saia dan Teman Saia Turun Tangga Kembali dan Melewati 7000 Anak Tangga untuk Mencapai Bawah Kembali. Tapi Saia Memiliki Rencana Hanya Sampai Mid Way, Kemudian Naek Bus Ke Kota. Jalan dan Rintangan Berliku Seperti Ini Harus Kita Lewati.

Setelah 1 Jam Akhirnya Kita Sampai Mid Way, Alias Ada Terminal Bus dan Stasiun Rope Way Yang Gagal Kita Naiki Tadi. Tapi Gagal Kembali Menggunakan Bus Karena Teman Saia BilanG jauh dari Hotel. Padahal Setelah Baca di Peta Hostel, Setelah Menggunakan Bus dari Midway Ke Pusat Kota Tinggal Ambil Bus No.2 dan Turun di Halte TiongTianFang.

Gunung Tai Taishan Mountain Anak Tangga 7000 Buah

Tuhan Selalu Memberikan Nikmat Yang Indah, Saia Tidak Mengganggap Ini COBAAN HIDUP yang Amad Parah. Midway to Red Gate Palace Hampir Setengah Jalan Alias 750 Meter Lagi. Tapi Dengan Distance 3.5km, Nikmat Apalagi Yang di berikan Tuhan, Teman Saia Mencoba Taishan Pancake, Yups Pancake Ala Taishan Yang Wajib di Makan Saat di Gunung Tai, Isi nya Adalah Crispy, Telur dan Daun Bawang. Yang Ga Suka Daun Bawang Gak Usah Di Kasih Yah.

Makanan Taishan Pancake Enak Murah Lezat Taian China
Makanan Taishan Pancake Enak Murah Lezat Taian China

Di Perjalanan Ke Bawah Mengambil Kitab Suci Terasa Cepat di Lalui,  Saia Melihat Banyak Sekali Umat Chinese Bersembahyang Sesuai dengan Ajaran Taoisme Setempat. Tapi Kenapa Teman Chinese Saia Tidak Ikut Sembahyang Seperti Mereka? Apakah Dia Atheis atau Agnostic? Saia Boam (Bodo Amat), Setelah Saia Sampai di Dekat Hotel, Perut Sudah Krucuk-Krucuk. Saia Bilang Mau Makan, Dia Merokemdasi Makanan Potato Noodle, Isinya Rumput Laut, Telur Puyuh, Ceisin, dan Vegetable Lainnya. Saya Bilang Apakah Bahannya Ada Porknya. Dia Bingung Apa Itu Pork, Saia Bilang “Zhu Rou”.. Dia Langsung Bilang “PIG” Hahaha,, Dia Langsung Bilang Saya Juga Islam, Sambil Menyebut Tauhid dengan Bahasa Arab. Saya Shock. Wew, Ternyata Dia Chinese Muslim, Pantesan Selama di Perjalanan Banyak Klenteng-Klenteng Dia Tidak Sembahyang di Klenteng Tao. Ternyata Dia Adalah China Islam, Memang  Susahnya Belajar Ilmu Ikhlas dan Positif Thinking.

Akhirnya Saia Sampai Juga Hotel dengan Selamat dan Tidak Kurang Apapun, Dalam Perjalanan Ini Saia Banyak Sekali Mengambil Pelajaran Bahwa, “Orang yang sombong ibarat ia berdiri diatas Gunung Tai, dan melihat orang lain kecil, tapi ia tak sadar orang yg melihat dirinya lbh kecil.” Jadi Saia Tidak Boleh Sombong Walaupun Sudah Sampai Gunung Tai. Pelajaran Kedua, Belajar Positif Thingking Masih Susah untuk Saia, Saia Akan Terus Melihat Orang dengan Perspektif Baik dan Benar, Tidak Ingin Melihat Selalu Keburukan Orang. Karena Kita Sering Sekali Melihat Hanya Keburukan Orang Saja.

Note: Untuk Orang Tua Atau Yang Gak Kuat Jalan Naek Gunug, Cara Simplenya Adalah. Menggunakan Bus Tianwai Village Ke Mid Way, dari Mid Way Menggunakan Rope Way (Cable Car) Dari Cabel Car Ke Atas 20 Menit lagi Menuju Puncak. Paling Efektif Buat Wisata Keluarga dan Efisien Waktu.

4 thoughts on “Backpacking China Mendaki Gunung Taishan

  1. Blognya bagus, sayang ejaannya tidak menggunakan EYD yg benar, sehingga menyulitkan dibaca oleh semua kalangan.

    Lebih baik menulis ‘saya’ yg merupakan tulisan Bahasa Indonesia yg benar, daripada menulis ‘saia’.
    Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia harus dituangkan dengan berusaha menulis dengan ejaan yg benar, bukan dengan SENGAJA menulis ejaan yg salah. Kalo pun dicampur2 dengan Bahasa Inggris masih bisa dimengerti, tapi merusak tata bahasa kita sendiri itu sangat mengecewakan. Apalagi kalo memang blognya mau go international, orang asing juga kesulitan menerjemahkannya
    Demikian sekedar saran.

  2. Terima Kasih Atas Sarannya, Memang Sengaja Menulis Kata “Saia” Sebagai Ciri Khas, Jadi Kalau Ada Orang MengCopy Paste Blog Sudah Ketahuan…
    🙂
    Masalah Go Internasional => Ada Artikel Khusus English Version… 😀

  3. Bro..kita lg d liawu nih besok rncana mo naik taishan mountain ….prsiapan ap bro yg hrs d siapkan??

  4. wah saya ga ada persiapan sama sekali,,, skg kan udah mau summer, pasti rame banget yang datang kesana,, mending berangkat malam jam12,, biar bisa lihat sunrise,, habis lihat sunrise buru2 pulang degh… pasti pagi2 rame orang yang ndaki,,, dulu aja minus 1c pagi2 rame banget… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *