Melintas Negara Kereta Api Hanoi Ke Nanning China

Kereta Api Malam Hanoi Nanning China

Melintas Negara Kereta Api Hanoi Ke Nanning China. Membagi Pengalaman Perjalanan Dari Vietnam Ke China Via Darat dengan Cara Backpacker Melalui Tulisan Ini Sebenarnya Hanya Ingin Mengingatkan Saia Untuk Tidak Lupa di Kemudian Hari.

Setelah Sebelumnya Saia Menulis Artikel Tentang Backpacker Ke China Pakai Bus Via Darat Dari Hanoi Vietnam  Kali Ini Saya Akan Bercerita Pengalaman Menggunakan Train atau Kereta Api dari Hanoi Ke Nanning China.

Dengan Keterbasan Bahasa Inggris Penjual Tiket di Stasiun Kereta Api Gia Lam (Ga Gia Lam), Hanoi. Akhirnya Saia Mendapatkan Tiket Kereta Api dengan Harga 660.000 VND Masih Dapat Kembalian Perjalanan Di Lakukan Januari 2015.

Jadwal Kereta Api Hanoi Ke Nanning

Pergi Dari Hanoi Old Quarter Ke Stasiun Kereta Api Ini Membayar 20.000 VND Menggunakan Ojek. Karena Jaraknya Yang Dekat. Saia Memesan Tiket Ini Sehari Sebelum Keberangkatan Karena Takut Penuh. Padahal Mungkin Saat Itu Bukan Musim Liburan Saia Kereta Dapat Di Pesan 1-2 Jam Sebelum Keberangkatan, Banyak Sekali Warga Berkebangsaan Vietnam Menggunakan Kereta Api dan Memesan 1 Jam Sebelum Keberangkatan.

Stasiun Gia Lam Hanoi Ga Gia Lam Vietnam

Perjalanan Kereta Api dari Hanoi Menuju Nanning Tepat Pukul 21.40 GMT +7. Tapi Saia Sudah Standby di Stasiun Gia Lam Pukul 20.30 Balik Perjalanan dari Halong Bay, Saia Langsung di turunkan Oleh Travel Agent Halong Bay di dekat Ga Gia Lam.

Soft Slepper Kereta Api Malam Hanoi Nanning

Di Stasiun Hanya Ada Toilet Standar Yang Baunya Menusuk Jiwa. Jadi Saia Ganti Baju Lebih Hangat Karena Di Hanoi Saat Itu Masih 17’c Akan Tetapi Sampai di Nanning Sudah 7 ‘ c di Stasiun Cantik Ini.

Kereta Api Malam Hanoi Nanning China

Pukul 21.15 Ternyata Semua Penumpang di Panggil Untuk Masuk Ke Dalam Stasiun, 25 Menit Sebelum Keberangkatan. Ternyata Banyak Sekali Warga Negara Berkebangsaan China dan Vietnam dalam Kereta Api Malam Ini. Hanya Saya Berkebangsaaan Indonesia, dan 4 Orang lainnya Berkebangsaan Asing Naik dalam Kereta Api.

Karcis Kereta Api Setelah Tukar Tiket Kereta Api Hanoi Nanning

Uniknya, Saia Ternyata Tidak Mendapatkan Ruang di Kereta Api dan Tidak Tertera di Tiket. Tiket di Tukar oleh Kondektur Kereta Api di Dalam Kereta Api. Pembagian Ruang Tempat Tidur Juga Menurut Jenis Muka. Kebetulan Saia Bermuka Chinese dan Ga ada tampang Kebule-bulean sama sekali. Saya di Tempatkan Bersama Orang-Orang Yang Berkewarganegaraan Chinese Juga.

Penumpang Warga Negara China Kereta Api Malam

Puji Tuhan, Ada Satu Anak Mudah Yang dapat Berbahasa Inggris, So Akhirnya Kita Ngobrol Ngalor-Ngidul Gak Jelas Meskipun Bahasa Inggris Dia Hancur. Tapi Saia Bisa Memahaminya. Its Ok This Journey. Kereta Api dari Hanoi-Nanning Sampai Perbatasan China Hanya Di Isi 2 Gerbong Saja. Akan Tetapi Setelah Masuk Stasiun Ping Xiang Gerbong Belakang di isi oleh orang-orang yang akan menuju kota Nanning dan Sekitarnya.

Kondektur Kereta Api Hanoi Nanning

Jam 22.00, Kita di Periksa Passport dan Visa Kita. Kebetulan Visa Saia Sudah Di Buat Sebelumnya. Jadi Tidak Ada Visa On Arrival di Perbatasan Vietnam dan China. Visa di Urus di Hanoi Jika Mau. Saia Tercengang, Kondektur Kereta Api Memeriksa dan Melihat passport Saia adalah INDONESIA. Dia Pikir Sama Seperti Penghuni Gerbong yaitu Warga Negara China. Setelah Dia Melihat-lihat Passport dan Visa Saia, Dia Bilang Menggunakan bahasa china “Baru Pertama Kali Saia Menjumpai Orang Indonesia Menggunakan Kereta Api dari Hanoi ke Nanning”

Mendengarkan kata-kata itu antara SENANG, BANGGA (Gue Orang Yang Pertama Kali WOW Banget) dan Bingung (Jangan-Jangan Visa Gue Di Tolak di Imigrasi China). Dan Daripada Bingung-Bingung Mending Tidur, Udah Ngantuk.

Suasana di Dalam Kereta Api Malam Hanoi Nanning

Jam 02.00 Waktu Vietnam Saia Di Bangunkan untuk Cap Imigrasi di Vietnam Alias Stasiun Dong Dang (Ga Dong Dang) Imigrasi Sekitar 30 Menit. Kemudian Masuk Kembali Ke Kereta Api. Tidur Lagi 30 Menit Sebelum Imigrasi China di Ping Xiang. Hati Ini Mulai Resah Galau dan Tak Setulus Kemarin Mendengarkan Abang-Abang Kondektur Tadi Bilang.

Kantor Imigrasi Perbatasan Vietnam China di Ga Dong Dang

Tapi Saia Optimis, Dengan Pedenya Saia Melenggang Masuk Imigrasi. Pertama Barang-barang Kami di periksa manual oleh Polisi Cilik China atau Tentara China Yang Masih Muda-Muda. Tidak Ada Masalah dengan itu. Tiba Giliran Saia Masuk Ke Bapak Tukang Imigrasi China. Melihat passport dan visa saia kok lama amat di lihatinnya. Butuh 10 Menit untuk Beliau Mencap Passport Saia. Membuat Hati Dag Dig Dug Saja. Dan Akhirnya Ke Cap Juga.

Saia Lihat Passport Saia Kenapa Gak Ada Cap Entry Masuk, Saia Tanya Ke Akong-Akong Orang Jepang Yang Sebeum Berangkat dari Hanoi Mengira Saia Orang Jepang (Muka Face Jepang dan Gaya Agak Kejepang-jepangan) Sudah 10x ini di bilang Selama Liburan d Vietnam Selalu di Sangka Orang Jepun. Akong-Akong Jepang Sangat Baek Kepada Saia, Dia Juga Pandai Bercakap-Cakap With English Simple. Oh Ternyata Cap China Saia Nyelip di Halaman Lain, padahal Masih Banyak Yang Kosong Passport Saia. Gara-Gara Itu Passport Saia Tinggal 9 Lembar Saja dan Perjalanan Masih Panjang 1 Tahun 9 bulan Lagi passport Saia Expired.

Sudah Waktunya Tidur Kembali. Waktu Sudah Menujukan Pukul 10.00 Waktu Beijing. Saia Di Mintai Karcis Yang Awalnya di berikan oleh kondektur China untuk di tukar lagi Tiket Kereta Api. Saia Siap-Siap Turun Di Nanning Railways Stasion Jam 11.00. Kemudian Saia Jalan Kaki Sekitar 15 Menit Menuju Hotel Mewah Saia di Kota Nanning.

Semoga Pengalaman Ini Menjadi Inspirasi Bagi Anda Yang Ingin Mengunjungi Nanning Via Vietnam Seperti Saia Ini.

4 thoughts on “Melintas Negara Kereta Api Hanoi Ke Nanning China

  1. Haloooo senang banget baca pengalamannya..
    Saya jg rencana akan melakukan perjlnan tanpa pesawat menuju jepang. Dimulai dr singapore ke malaysia ke thailand ke laos ke vietnam dan vietnam – china
    Nah dr china ke jepang pakai kapal laut
    Karna saya takut naik pesawat
    Hehehe
    Bagi2 pengalaman yg lain dong. .
    Mungkin kamu bisa coba juga sampai ke jepang
    Saya akan mulai berangkat bulan juni ini.
    Doain semoga lancar ya bro

    1. terima kasih,, belum ada pengalaman lagi,,,

      september mungkin ke jepang… tapi by flight,, ga ada waktu kosong,,, hahha harus sesuai rencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *