Perbedaan Sumpit China, Jepang dan Korea Selatan

Kegunaan Sumpit Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perbedaan Sumpit China, Jepang dan Korea Selatan Merupakan Salah Satu Hot Thread Kaskus Minggu Ini, Saia Akan Mencoba Menjelaskan Beberapa Hal Mengenai Sumpit atau Chopstik dalam Bahasa Inggris.

Menurut Wikipedia, Sumpit adalah alat makan yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang kayu sama panjang yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sumpit bisa dibuat dari bahan seperti bambu, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapis dengan bahan pelapis seperti pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus.

Sumpit digunakan di banyak negara di seluruh dunia untuk menikmati makanan khas Asia Timur. Di beberapa negara Asia Tenggara, sumpit merupakan alat makan utama yang sama pentingnya seperti sendok dan garpu. Di Indonesia, pilihan sendok-garpu atau sumpit disediakan di rumah makan yang menyediakan masakan Tionghoa, masakan Korea, masakan Jepang, masakan Vietnam, masakan Thailand hingga penjual bakso atau mi pangsit di pinggir jalan.

Kegunaan Sumpit Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Kegunaan Sumpit Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jadi, Kali Ini Saia Akan Memberikan Informasi Mengenai Perbedaan Sumpit China, Jepang dan Korea Selatan:

1. Sumpit China atau Chinese Chopstik

Orang Cina adalah yang pertama kali menggunakan sumpit lebih dari 5000 tahun lalu. Dikatakan bahwa sumpit diasumsikan sebagai jari tambahan yang tidak khawatir akan panas dan dingin.

Sumpit Cina umumnya terbuat dari kayu dan memiliki bentuk persegi panjang dengan ujung yang tumpul. Sumpit Cina lebih tebal dan panjang dibandingkan dengan sumpit Jepang dan Cina, karena meja yang digunakan saat makan umumnya lebih besar sehingga butuh sumpit yang panjang untuk dapat menjangkau makanan. Berikut Penampakan Gambar Sumpit China:

Sumpit China atau Chinese Chopsticks Photo
Sumpit China atau Chinese Chopsticks Photo

2. Sumpit Jepang atau Japanese Chopstik

Jepang memiliki banyak ragam sumpit yang disesuaikan dengan penggunaannya. Sumpit yang digunakan untuk memasak, makan, mengambil permen, dan sumpit untuk upacara pemakaman semuanya berbeda. Kayu dan plastik adalah bahan utama pembuatan sumpit di Jepang. Namun, sudah ada pula yang terbuat dari tulang, logam, bahkan gading (ini biasanya digunakan untuk acara khusus).

Sumpit Jepang umumnya lebih pendek dari sumpit Cina namun lebih panjang dari sumpit Korea dan ujungnya bulat. Selain itu, sumpit Jepang memiliki banyak macam warna dan memiliki rancangan yang rumit. Berikut Penampakan Gambar Sumpit Jepang:

Sumpit-Jepang-atau-Japanese-Chopstik-Photo
Sumpit Jepang atau Japanese Chopstik Photo

3. Sumpit Korea Selatan atau Korean Chopstiks

Sumpit Korea seringnya terbuat dari baja stainless, tidak seperti Cina dan Jepang yang lebih menggunakan bahan alami. Karena sifat logam yang licin, sumpit Korea dibuat kasar pada bagian ujungnya. Perbedaan yang paling nyata adalah bahwa sumpit Korea lebih pendek dari sumpit Cina dan Jepang.

Awalnya, sumpit yang terbuat dari perak murni hanya digunakan oleh raja karena sifat perak yang akan berubah warna jika makanan mengandung racun. Alasan lain mengapa Korea menggunakan logam sebagai bahan baku sumpit adalah karena mereka juga menggunakan sendok untuk makan nasi, sehingga mereka dapat menggunakan sumpit untuk mengambil makanan lain yang sulit diambil dengan sendok. Berikut Ini Penampakan Foto Sumpit Korea Selatan atau Korean Chopstiks:

Sumpit Korea Selatan atau Korean Chopstiks
Sumpit Korea Selatan atau Korean Chopstiks



Dari Ketiga Sumpit Di Atas, Manakah Yang Anda Sering Pakai Atau Sudah Anda Koleksi Untuk Makan Mie Ayam atau Pangsit di Rumah. Kesimpulannya Adalah Panjang sumpit berbeda-beda bergantung pada negara asal sumpit. Sumpit dari Tiongkok biasanya lebih panjang dari sumpit Korea atau Jepang, dengan diameter bagian pangkal dan bagian ujung yang hampir sama. Bagian ujung sumpit tidak dibuat runcing agar tidak digunakan untuk menusuk makanan. Batang sumpit dari Tiongkok lebih berbentuk segi empat panjang supaya tidak mudah tergelincir dari meja. Plastik merupakan bahan pembuat sumpit yang populer di Tiongkok.

Sumpit Korea umumnya terbuat dari bahan logam dan lebih ceper dibandingkan sumpit dari Jepang dan Tiongkok. Sumpit dari Jepang sebagian besar terbuat dari kayu, lebih pendek dibandingan sumpit dari Korea atau Tiongkok dan mempunyai ujung sumpit yang langsing. Bagian ujung yang sangat langsing pada sumpit Jepang dimaksudkan untuk mengangkat tulang dari daging sewaktu orang Jepang makan ikan. Bagian ujung sumpit ada kalanya dibuat berulir agar makanan yang dijepit tidak jatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *