Jalan-Jalan Asyik dan Wisata Kuliner Cirebon

Jalan-Jalan dan Wisata Kuliner Asyik di Kota Cirebon

Jalan-Jalan Asyik dan Wisata Kuliner Cirebon, Sebagai Salah Satu Putra Daerah Cirebon Saia Berkewajiban Memberikan Citra Yang Baik Untuk Daerah Saia Sendiri. Ada banyak tujuan wisata dan wisata kuliner cirebon  yang bisa dikunjungi di kota Udang Cirebon, Jawa Barat. Waktu jarak tempuh dari Jakarta ke kota udang ini juga hanya 4-5 jam. Bahkan jika menggunakan kereta, catatan waktu bisa dipangkas menjadi dua setengah jam saja jika Anda Menggunakan Kereta Argo Jati, Jika Anda Menggunakan Kereta Tegal Arum Tentunya Akan Berbeda.

Jalan-Jalan dan Wisata Kuliner Asyik di Kota Cirebon
Jalan-Jalan dan Wisata Kuliner Asyik di Kota Cirebon

Jadi jika kebetulan libur akhir pekan, kenapa tak mencoba ke Cirebon Kereta Jam 19.00 Ada Kok di Gambir Menuju Kota Cirebon Yang Sangat Indah. Selain mengunjungi makam Sunan Gunungjati dan ke Keraton Kasepuhan atau belanja batik di Pasar Trusmi, ada sederet makanan khas yang wajib dicicipi. Sebut saja  nasi jamblang, empal gentong, tahu genjrot, nasi lengko, kerupuk melarat, olahan ikan bandeng, terasi, ikan kering, menjadi pemikat wisatawan mengunjungi Cirebon.

Nasi Jamblang, salah satu makanan khas Cirebon yang diminati pecinta kuliner. Menurut sejarahnya, nasi Jamblang diperuntukan bagi para pekerja paksa yang saat itu membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan di Cirebon. Nasi Jamblang milik ciri khas yakni dibungkus dengan daun jati agar lebih tahan lama. Kalo Anda Ingin Merasakan Nasi Jamblang Yang Enak Coba Saja di Nasi Jamblang Mang Dul di Depan Grage Mall Perempatan Lampu Merah Jalan RA KArtini. Jangan Coba-Coba Makan Nasi Jamblang di Pinggir Jalan di Depan Grage Mall. Selain Tidak Enak, Harga Yang di Tawarkan Tidak Realistis (Karena Anda Bukan Oang Cirebon).

Nasi Jamblang Mang Dul
Nasi Jamblang Mang Dul

Selain nasi Jamblang, empal gentong cukup diminati. Makanan berbahan dasar daging sapi dimasak menggunakan gentong dan bumbu alami menjadi ciri makanan asal desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Cirebon. Hidangan yang mirip gulai itu hingga kini dipertahankan menggunakan kayu bakar. Daging yang digunakan adalah usus, babat, dan daging sapi. Saia Sendiri Lebih Prefer Makan Empal Gentong di Pasar Kanoman, Enak, Murah dan Pastinya Mak Nyuss.

Empal Gentong Kanoman
Empal Gentong Kanoman

Nasi Jamblang Sudah, Nasi Lengko Merupakan Makanan Wajib Yang Kamu Harus Rasakan Ketika Berkunjung di Kota Cirebon, Kawasan jalan Pagongan kota Cirebon memang pusatnya tempat makan nasi lengko dan sate kambing. Saia Cirebon Kuliner sendiri sudah mengulas dua penjual nasi lengko terkenal di jalan Pagongan ini, yaitu nasi lengko H. Barno, dan nasi lengko H. M. Sadi. Dan di jalan Pagongan, masih ada satul lagi penjual nasi lengko dan sate kambing yang cukup populer di kota Cirebon, yang sekarang akan saia Cirebon Kuliner ulas, yaitu Nasi Lengko “Pagongan.”

Nasi Lengko Plus Kambing Muda
Nasi Lengko Plus Kambing Muda

Agak rancu memang karena memang tidak ada “merk” yang tertulis saat saia Cirebon Kuliner berkunjung. Untuk membedakannya, Nasi Lengko “Pagongan” yang saia Cirebon Kuliner bahas ini adalah nasi lengko Pagongan yang terletak paling ujung jalan Pagongan, paling dekat dengan persimpangan jalan Pagongan – jalan Tentara Pelajar.

Makanan Selanjutnya Yang Paling di Cirebon Adalah Docang. Sebetulnya Saia Gak Terlalu Suka Ama Makanan Ini. Docang dari bahasa Cirebon singkatan dari dua kata yaitu; Bodo (baceman) dari oncom dage + Kacang Hijau yang dijadikan Toge. Lagi pula Docang bisa jadi masuk kuliner Nasional makanan khas Cirebon, yang merupakan perpaduan dari lontong, daun singkong, toge, dan kerupuk, yang berkolaborasi sayur Oncom Dage/Oncom Gembos yang terbuat dari ampas tahu dicampur sedikit bungkil kacang tanah (sisa perasan dijadikan minyak) yang disebut gempa (yang dihancurkan) serta di kombinasikan dengan parutan kelapa muda.

Docang Kesambi untuk Sarapan Pagi
Docang Kesambi untuk Sarapan Pagi

Makanan ini mempunyai rasa khas yang gurih dan ni’mat apabila disajikan dalam keadaan panas/hangat dan untuk harga relatif terjangkau semua kalangan. Docang yang merupakan makanan asli Cirebon, bisa jadi lambat laun dengan segala kemajuan zaman dan perkembangan makanan Fast Food, docang mulai bergeser dan lambat laun jarang ditemui. Tetapi harapan dalam melestarikan budaya, Docang akan tetap eksis karena masih ada generasi penerus untuk melestarikan khas Cirebon dengan dikenal sebagai Kota Wali. Menurut Rekomendasi Teman Saia Kalo Mau Makan Docang di Kesambi.

Sirup Tjampolay
Sirup Tjampolay

Sebelum kembali ke Jakarta, jangan lupa berbelanja oleh-oleh khas Cirebon, seperti terasi udang, ikan jambal kering, kerupuk melarat, atau kerupuk udang. Sirop khas Cirebon yang telah diproduksi sejak tahun 1936. Terdiri dari rasa melon, mangga gedong, jeruk nipis, nanas, dan kopi. Petis Luxer Udang Kembar dan terasi jap jempol adalah merek yang paling banyak dicari. Jika Anda tidak mau repot dan ingin duduk manis, PT Kereta Api menyediakan paket wisata ke Cirebon dengan menggunakan kereta. Ada dua pilihan, paket sehari atau dua hari.

One thought on “Jalan-Jalan Asyik dan Wisata Kuliner Cirebon

  1. saya waktu itu nyobain nasi jamblang mang dul. rasanya sih lumayan, cuma tempatnya kecil banget sementara pengunjung banyak, jadinya sempit dan ga nyaman makannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *