Pesta Laut atau Sedekah Laut di Pesisir Pantura

Pesta Laut dan Sedekah Laut

Sebagai Anak Pantai Seperti Saia Ini, Tradisi Pesta Laut Merupakan Tradisi Yang Sangat Menyenangkan Untuk Di Lakukan Oleh Masyarakat Sekitar Pesisir Pantura Pulau Jawa Yang Di Kenal dengan Laut Tenangnya.

Pesta Laut dan Sedekah Laut
Pesta Laut dan Sedekah Laut

Kenangan Semasa Kecil, Melakukan Tradisi Sedekah Laut Memang Tidak Lekas Lupa Akan Kenangan-Kenangan Yang Ada Selama di Laut. Saia Sebenarnya Hanya ingin Mengulas Sedikit Tentang Tradisi Yang Masih di Lakukan Oleh Para NElayan di Sekita Pesisir Pantura Ini.

Tradisi sedekah laut sendiri merupakan sebuah bentuk rasa syukur yang hampir dimiliki banyak masyarakat pesisir di Nusantara. Tradisi sedekah laut dihelat sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas limpahan kekayaan laut yang dapat menghidupi para nelayan.

Setelah sambutan dari perangkat desa setempat, iring-iringan rombongan kembali melangkah menuju ke bibir pantai tempat labuhan akan dilaksanakan. Sesampai di bibir pantai, diawali dengan doa-doa oleh juru kunci, acara Labuhan segera dimulai.

Perahu jukung tempat sesaji diserahterimakan dari pemanggul dengan baju adat kepada pemanggul dengan menggunakan jaket pelampung dan segera dibawa ke tengah samudera. Perahu jukung semakin ke tengah lautan dan disambut dengan ombak besar dan akhirnya dilepas ke tengah samudera.

Sebuah tradisi peninggalan leluhur dengan filosofi agung yang masih terus dilestarikan hingga kini dan anak cucu dan hanya dijumpai di daerah Pantai Selatan. Itulah Indonesia dengan keragaman kekayaan tradisi dan budaya serta eksotisme keindahan alamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *